PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERDASARKAN LEVEL SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti. Pengaruh Pembelajran Problem Solving terhadap kemampuanberpikir kritis siswa kelas XI-IS MA Muhammadyah 2 Paciran. Pdf. Diakses pada tanggal 19 Mei 2017, dari http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/.pdf
Abduloh, 2018. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Soal Literasi Matematika melalui Model Creative Problem Solving Kelas VIII H SMP 9 Semarang.Pdf. Proseding Seminar Nasional Matematika hal- 780.
Bransford, J.D. dan Stein B.S. 1993. The Ideal Problem Solver: A Guide for Improving Thinking, Learning, and Creativity. Second Edition. New York: W. H. Freeman &Company.
BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar SMP/MTts. Pdf. Jakarta
Hadija, Herlawan. 2017. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Melalui Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving berbasis Kontektual. Pdf. Jurnal penelitian pendidikan dan pengajaran matematika vol.3 no.1 hal.33-38, Maret 2017.
Jacob, C. Matematika sebagai Pemecahan Masalah. Pdf. Diakses pada tanggal 14 Juli 2018, dari http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/194507161976031
Krulik, S.& Reys, R.E. 1980. Problem Solving in School Mathematics. Reston, Virginia: NCTM
Meltzer, D. E. 2002. The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics: A Possible “Hidden Variable” in Diagnostic Pretest Scores: Department of Physics and Astronomy, Iowa State University,Ames, Iowa 50011. Diakses pada tanggal 29 Desember 2012, dari http://www. physicseducation.net/docs/ Addendum_on_normalized_gain. Pdf.
Motter, A. 2010. George Polya, “How To Solve It ?”. Diakses pada tanggal 20 Juni 2012, dari: http://www.math.twsu.edu/history/men/polya.html.
National Council of Teacher of Mathematics. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM
Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FMIPAUPI
Sumarmo, Utari. 2012. Pendidikan Karakter serta pengembangan berpikir dan disposisi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan pada seminar pendidikan Matematika di NTT tanggal 25 Februari 2012
Turmudi. 2008. Pemecahan Masalah Matematika pdf diakses pada tanggal 4 Juli 2018, dari: http://file.upi.edu/browse.php?dir=Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/196101121987031-TURMUDI/
Suhendri, H. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar . Jurnal Formatif 3(2) : 105-114
Suherman, dkk. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika, Bandung: JICA FMIPA UPI.
Sumarmo, Utari. 2012. Pendidikan Karakter serta pengembangan berpikir dan disposisi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan pada seminar pendidikan Matematika di NTT tanggal 25 Februari 2012.
Turmudi. 2008. Pemecahan Masalah Matematika pdf diakses pada tanggal 4 Juli 2013, dari: http://file.upi.edu/browse.php?dir=Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/196101121987031-TURMUDI/.
Uyanto, S. 2009. Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wardhani, S & Rumiati, 2011. Instrumen Penilaian dan Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Jakarta: Pusat Pengembangan dan pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika Depdiknas.
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v11i1.97
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 HUSNA HUSNA
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.