The Use of Ruang Bahasa I.d Youtube Channel in VII Class Learning Letter Text Material
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, P. & Saputra, A. (2017). Profil Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Mata Kuliah Microteaching. Jurnal Bioedukatika. 5(1). DOI: http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5670
Anggraeni, P. & Akbar, A. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar. 6(2). DOI: https://doi.org/10.17969/rtp.v%25vi%25i.12197
Anugraha, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282-289. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Asrul dkk. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Ciptapustaka Media.
Chusna, N. L. (2019). Pembelajaran E-Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kaluni, 2(2): 113-117.
Faiqah, dkk. (2016). Youtube sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makkasarvidgram, Jurnal Komunikasi Kareba, 5(2) Juli- Desember. DOI: https://dx.doi.org/10.31947/kjik.v5i2.1905
Ghufron, M. A. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, dan Solusi bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian Pada Masyarakat, Jakarta, 2 Agustus. Diakses dari http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/dispanas2018/article/viewFile/73/45
Istiamin, N. (2020). Penggunaan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VIII UPT SMP Negeri 3 Ponggok. Dharmas Education Journal, 1(2). Diakses dari https://ejournal.lppm.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/145
Kamhar, M. Y. Dan Lestari, E. (2019). Pemanfaatan Sosial Media Youtube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jurnal Intelegensi, 1(2). Diakses dari https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/inteligensi/article/view/1356
Kusumaningtyas. R, dkk. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru melalui Model dan Media Pembelajaran bagi Generasi Z. Jurnal Warta LPM. 23(1). DOI: https://doi.org/10.23917/warta.v23i1.9106
Lestari, R. (2017). Penggunaan YouTube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Makalah Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses dari http://hdl.handle.net/11617/9566
Ma’usarah. S. (2020). Penggunaan Media Youtube Pada Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII MTs Negeri 13 Jakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Masykur,F & Atmajaya, I. M. P. (2015). Sistem Administrasi Pengelolaan Arsip Surat Masuk dan Surat Keluar Berbasis Web. Jurnal Indonesian Journal on Networking and Security. 4(3). DOI: http://dx.doi.org/10.1123/ijns.v4i3.1336
Pamela I. S, dkk. (2019). Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas. Jurnal Pendidikan Dasar. 3(2). Diakses dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6512
Prawono, J.A & Pamungkas, A.R. (2015). Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar di Stmik Aub Surakarta. Jurnal Informatika. 2(1). Diakses dari https://e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/informatika/article/view/159
Ramdiana, H. (2020). Apersepsi Pembelajaran Melalui Cerita-cerita Lucu untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran dan Profesionalisme Guru dengan Metode Pembelajaran Totur Sebaya di SMAN 21 Garut. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 3(1). DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i12019p018
Ruang Bahasa I.d. Diakses dari https://www.youtube.com/channel/UC-uq2coVrjL96nxtGWW_g3Q
Rumihat, T. (2013). Prosedur Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.
Sagala, H. S. (2008). Silabus sebagai Landasan Pelaksanaan dan Pengembangan Pembelajaran Bagi Guru yang Profesional. Jurnal Tabularasa PPS Unimed. 5(1). Diakses dari http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/714
Santoso, S., & Dewi, N. K. S. (2021). Indonesian Learning Through WhatsApp Group to Create Interactive Learning Conditions. Journal of Digital Learning and Education, 1(1), 22-32. DOI: https://doi.org/10.52562/jdle.v1i01.27
Saraswati, E. (2018). Peran Youtube dalam Menunjang Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Di SMA. Working Paper. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Diakses dari https://core.ac.uk/download/pdf/227158608.pdf
Sari, P. (2015). Motivasi Belajar dengan Menggunakan E-learning. Jurnal Ummul Qura, 1(2): 20-35. Diakses dari http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/qura/article/view/2048
Subandi. (2011). Deskripsi Kualitatif sebagai Satu Metode dalam Penelitian Pertunjukan. Jurnal Harmonia 11(2). DOI: https://dx.doi.org/10.15294/harmonia.v11i2.2210
Sudatha, I. G. W. & Tegeh, I. M. (2015). Desain Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.
Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Administrasi. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2018). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustakabarupress.
Susanto, H, & Akmal, H. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi. Banjarmasih: Penerbit Universitas Lambung Mangkurat.
Susilo, dkk (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1): 45-67. DOI: http://dx.doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415
Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring untuk meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak Diterapkannya Sosial Distancing. Metalingua: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1). DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Wiguno, P. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Teks Surat berdasarkan Surat Pribadi dan Surat Dinas dan Implementasinya dalam Pembelajaran di SMP. Jurnal Tuturan, 8(2) DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v8i2.2868
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.790
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Hesty Wahyu Asima, I Made Sutama, I Gede Nurjaya
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.