PRINSIP KONTINUITAS DALAM EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN

Leni Fitrianti

Abstract


Evaluasi pembelajaran meliputi kegiatan pengukuran dan penilaian terhadap perkembangan hasil belajar peserta didik. Dengan begitu, evaluasi harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya agar tidak terjadi kesalahan dalam mengukur dan menilai perkembangan hasil belajar peserta didik tersebut. Evaluasi yang baik adalah evaluasi yang dilakukan dengan mendasarkan diri pada prinsip-prinsip yeng telah ditetapkan. Di antara prinsip tersebut adalah prinsip kontinuitas. Prinsip kontinuitas menghendaki evaluator melaksanakan evaluasi secara berkesinambungan dari waktu ke waktu agar mendapatkan kesimpulan yang benar terhadap perkembangan hasil belajar peserta didik tersebut.
Evaluation of learning includes measurement and assessment of the learning outcomes of learners. Thus, the evaluation should be carried out with the best in order to avoid errors in measuring and assessing the learning outcomes of learners. A good evaluation is an evaluation that is done by basing themselves on the principles that have been established. Among these principles is the principle of continuity. The principle of continuity requires the evaluator to continuously evaluate from time to time in order to get a correct conclusion on the learning outcomes of the learners.

 


Keywords


prinsip kontinuitas, evaluasi, pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono. (2007). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

M. Habib Thoha. (1996). Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

M. Ngalim Purwanto. (2002). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

_________________. (2012). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

M. Sukardi. (2010). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Nana Sudjana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nasution. (1982). Teknologi Pendidikan. Bandung: Jemmars.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ramayulis. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Ramayulis dan Samsul Nizar. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Slameto. (1991). Proses Belajar Mengajar dalam Sistim Kredit Semester. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto. (2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Syaiful Bahri, dkk. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta, PT. Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v10i1.68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Leni Fitrianti

Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:

    

 


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.