Case Study of Tantrum Behavior in Early Childhood
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ansari, Y., Utam, I. D., Batubara, Y., & Suwandi. (2023). Peran Guru Dalam Menghadapi Anak Tantrum di Sekolah PAUD At-Tadris : Journal of Islamic Education. At-Tadris : Journal of Islamic Education, 2(1), 14–19. https://doi.org/10.56672/attadris.v2i1.51
Effendy, H. V., & Sari, S. M. (2022). Efektifitas Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Journals of Ners Community, 13(1), 18–26. https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v13i1.1635
Falaah, Miftakhul, Nirfadhilah, I. (2021). Modifikasi perilaku anak usia dini untuk mengatasi temper tantrum pada anak. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 76. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/28831/15926
Fikriyah, A. T., & Syafi’i, I. (2021). Peran Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Anak Temper Tantrum. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 127–140. https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i2.3077
Hudaibiyah, A., & Mas’udah. (2022). Hubungan Komunikasi Orang Tua Dengan Perilaku Tantrum Pada Anak Usia 4-6 Tahun Arshanellya. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 3(2), 1–13. https://repository.ung.ac.id/skripsi/show/841418028/hubungan-komunikasi-orang-tua-dengan-temper-tantrum-pada-anak-usia-prasekolah-di-desa-mamungaa-timur-kecamatan-bulawa.html
Hurlock, E. B. (2011). Psikologi perkembangan : suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Erlangga.
Jiu, C. K., Hartono, H., Amelia, L., Surtikanti, S., Gusmiah, T., Wuriani, W., Usman, U., Pratama, K., & Jhoni Putra, G. (2021). Perilaku Tantrum pada Anak Usia Dini di Sekolah. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 262–267. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1317
Khairiah, D. (2018). Assesmen Perkembangan Sosio-emosional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (K. Yulaelawati, Ella & Restuningsih (ed.); 1st ed.). Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.Anak Usia Di. Al Athfal, 1(1), 1–22.
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 3(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35
Kirana, R. (2013). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Temper Tantrum pada Anak Pra Sekolah (Studi Kasus di Dusun Ngemplak). Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan.
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Di Pendidikan Anak Usia Dini. Pendidikan Tambusai, 5(1). https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/1086/1020
Mulfiani, T. N., Suryana, D., & Mahyuddin, N. (2022). Studi Kasus Permasalahan Sosial Anak Hiperaktif di Taman Kanak-Kanak, Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
Mulyasa. (2012). Manajemen Paud. Remaja Rosdakarya Offset.
Ngura, E. T., Go, B., & Rewo, J. M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 118–124. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.94
Putri, astuti ardi. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Tantrum Pada Anak Di Tk Bunda Dharmasraya. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 37–42.
Rahmat, S. A., Mulyana, E. H., & Elan. (2022). Deteksi Dini Perkembangan Emosional Anak Usia 3-4 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Sindi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 1349–1358.
Rakimahwati. (2012). Model Pembelajaran Sambil Bermain Pada Anak Usia Dini. UNP Press.
Rifdatul, Martati, B., & Rahayu, A. P. (2021). Analisis Penyebab Temper Tantrum Pada Anak Usia Dini Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 52 Surabaya. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1).
Rohmah, N. A. N. (2021). Modifikasi Perilaku Tantrum Melalui Permainan dan Metode Time-Out pada Anak Usia Dini. Early Childhood Education and Development Journal, 3(2), 93–101. https://jurnal.uns.ac.id/ecedj
Sari, E., Rusana, R., & Ariani, I. (2019). Faktor Pekerjaan, Pola Asuh dan Komunikasi Orang Tua terhadap Temper Tantrum Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 2(2), 50. https://doi.org/10.32584/jika.v0i0.332
Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sujiono, Y. N. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks Macanan Jaya Cemerlang.
Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Simulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Kencana.
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini ( Konsep dan Teori). Bumi Aksara.
Yamin, M., & Sanan, J. S. (2013). Panduan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Gaung Persada Press Group.
Yiw’Wiyouf, R. M. S., Ismanto, A. Y., & Babakal, A. (2017). Hubungan Pola Komunikasi Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Tk Islamic Center Manado. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 5(1), 110265.
Yulia, R., Suryana, D., & Safrizal, S. (2021). Manipulatif Tantrum: Strategi untuk Mewujudkan Keinginan Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.14421/jga.2021.61-01
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Kencana.
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i3.4173
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Tri Nola Mulfiani, Rakimahwati Rakimahwati
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.