Early Childhood Tahfizh Education: Optimization the Aspects of Children's Development and Religious Soul of Children in the Golden Age
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ad-Dimasyqi , I.A.F.I.K. (2018). Tafsir Ibnu Katsir, Juz 10, Surat Al-Anfal : 41 – At-Taubah : 93. Solo : Insan Kamil.
Al-Ikk, S.K.A. (2009). Pedoman Pendidikan Anak Menurut Al-Qur’an dan Sunnah. Solo: Al-Qowam.
Al-Mubarrakfury, S.S. (2012). Sirah Nabawiyah. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Al-Utsaimin, M.S. (2015). Tafsir Surah Yasin, Mengenal Lebih Dekat Kandungan Jantung Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Salwa.
Auliya, M. (2014). Hubungan kontrol diri dengan perilaku agresi pada siswa SMA Negeri 1 Padangan Bojonegoro. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 2(3).
Bhinnety, M. (2015). Struktur Dan Proses Memori. Buletin Psikologi, 16(2).
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203-213.
Creswell, J.W. (2010). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dacholfany, I dan Hasanah, U. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Jakarta: Amzah.
Darajat, Z. (2010). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.
Fithri, R., & Rezeki, R. S. (2019). Pengembangan Bahasa Anak Melalui Pembelajaran Iqro’Usia 5-6 Tahun di TK Islam Akramunnas Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 33-41.
Fitria, B.N. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini Di TK Mutiara Qur’ani Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi 7 Tahun ke-5.
Fourianalistyawati, E., Listiyandini, R. A., & Fitriana, T. S. (2016). Hubungan mindfulness dan kualitas hidup orang dewasa. In Prosiding Forum Ilmiah Psikologi Indonesia.(1) (pp. 1-12).
Hady, N. A., & Purwaningsih, W. (2012). Perbedaan efektifitas terapi musik klasik dan terapi musik murrotal terhadap perkembangan kognitif anak autis di SLB Autis Kota Surakarta. Gaster, 9(2), 72-81.
Hidayah, A. (2017). Metode Tahfizh Al-Qur;an Untuk Anak Usia Dini (Kajian Atas Buku Rahasia Sukses 3 Hafizh Qur’an Cilik Mengguncang Dunia). Jurnal Studi Ilmu-ilmu Al-Qur’an dan Hadis, Vol. 18, No. 01.
Hijriati, H. (2017). Peranan dan Manfaat APE Untuk Mendukung Kreartivitas Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 59-69.
Ilyas, Y. (2013). Kuliah Ulumul Qur’an. Yogyakarta: Itqan Publishing.
Lubis, A. M., & Ismet, S. (2019). Metode Menghafal Alquran Pada Anak Usia Dini di Tahfidz Center Darul Hufadz kota Padang. Aulad: Journal on Early Childhood, 2(2), 8-14.
Maghfuroh, L., & Putri, K. C. (2017). Pengaruh finger painting terhadap perkembangan motorik halus anak usia prasekolah di tk sartika i sumurgenuk kecamatan babat lamongan. Journal of Health Sciences, 10(1).
Mahya, A dan Arnina, P. (2016). Musa Si Hafizh Cilik Penghafal Al-Qur’an. Depok: Huta Publisher.
Maskur, A. (2018). Pembelajaran Tahfidz Alquran Pada Anak Usia Dini. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 188-198.
Moleong, L.J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosda.
Mulyasa. (2017). Strategi Pembelajaran PAUD. Bandung: Rosda Karya.
Muzammil, A. (2013). Ulumul Qur’an, Program Tahsin-Tahfizh. Jakarta : Ma’had Al-Qur’an Nurul Hikmah.
Purnamasari, E. R. W. (2018). Belajar Baca Al-Quran terhadap Emotional Intelligence (EI) Pada Anak Usia di sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia, 8(02), 407-413.
Puspita, H. (2019). Kelekatan Anak Dengan Pengasuh Tempat Penitipan Anak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, Vol.06, No. 01.
Ramadhan, S. (2018). Gambaran Subjective Well-Being Pada Mualaf. An-Nafs, 12(1), 22-33.
Rifa'i, A. (2018). Pendidikan Tahfiz Anak Usia Dini (TAUD). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 113-126.
Rochmah, E.Y. (2013). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Teras.
Sholina, A., & Mukti, F. D. (2019). Kecerdasan Emosional Peserta Didik di SD Takhassus Al-Qur’an Klibeber Wonosobo. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 101-114.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suhada, I. (2016). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini (Raudhatul Athfal). Bandung: Remaja Rosda Karya.
Susianti, C. (2017). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 1-19.
Suwaid, M.N.A.H. (2009). Prophetic Parenting; Cara Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam Mendidik Anak. Yogyakarta: Pro-U Media.
Suyadi dan Ulfa, M. (2017). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Rosda Karya.
Tanto, O. D., & Sufyana, A. H. (2020). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 575-587.
Wahyuningsih, P., Hasanah, H., & Hasibuan, A. T. (2020). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Melalui Tahfidz Al-Quran di Abad 21. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 3(1), 10-18.
Yayasan Rutaba Indonesia. (2019). Daftar Lembaga Penyelenggara Metode Tabarak di Indonesia. Retrieved Desember 29, 2019, from Facebook Rutaba Indonesia Website: https://web.facebook.com/rutabaindonesia/posts/1980106902299973?_rdc=1&_rdr.
Zainu, S.M.J. (2014). Bimbingan Islam Untuk Pribadi dan Masyarakat. Jakarta: Darul Haq.
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.377
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Syahri Ramadhan, Nelia Guswanti, Evi Rahayu, Zalisman, Yundri Akhyar
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.