The Effect of the Pair Checks Model on Learning Outcomes and Critical Thinking Ability in Elementary School
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi. (2012). pembelajaran biologi menggunaka pendekatan metakognitif melalui model reciprocal learning dan problem based learning ditinjau dari kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. 1(2), 86–92.
Ahmad Farisi, Abdul Hamid, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ssiswa pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(3), 283–287.
Amris, F. K., & Desyandri, D. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2171–2180. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1170
Arifin, S., & Aprisal. (2020). J urnal Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 89–98.
Azrianti, V. P., & Sukma, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash untuk Menanamkan Karakter Positif. 8.
Desnarita. (2019). Pengaruh Metode Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Operasi Hitung Siswa kelas V B dan C di SDN Neglasari. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.
Dhewy, R. C., Nurmala, E., & Agustina, S. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN PAIR CHECKS TERHADAP KEMAMPUAN. 1(1), 22–31.
Di, S., & Dasar, S. (2017). JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR ISSN 2579-3403 Volume 1, Nomor2, Desember 2017 Available online at: http://e-journal.unp.ac.id/index.php/jippsd. 1(c).
Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019
Erikson, M. G., & Erikson, M. (2019). Learning outcomes and critical thinking–good intentions in conflict. Studies in Higher Education, 44(12), 2293–2303. https://doi.org/10.1080/03075079.2018.1486813
Erita, Y., Jannah, R., Fitria, Y., & Eliyasni, R. (2020). Students’ progress in integrated thematic learning with scientific approaches. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 13(6), 36–48.
Fakhriyah, F. (2014). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906
Hadyanta. (2013). Penerapan Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pelajaran IPS Di Kelas IV SD.
Hamidah, Z. (2017). Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Mts Ma’arif Udanawu Tahun Ajaran 2016/2017. 1–10.
Hasnan, S. M., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dan Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. 4(2), 239–249.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J., & Smaldino, S. (2012). Instructional Media and Technology for Learning. International Journal of Distributed and Parallel Systems. https://doi.org/10.1016/J.ARABJC.2011.11.008
Ilmiah, J., & Pendidikan, I. (2010). PEDAGOGI | Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Volume X No.2 November 2010. X(2), 48–54.
Indonesia, S., Pembelajaran, T., & Indonesia, B. (2013). IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA : Pola Pikir , Pendekatan Ilmiah , Teks ( Genre ), dan Penilaian Otentik. 68, 15–22.
Indriyani, V., Zaim, M., & Ramadhan, S. (2019). LITERASI BACA TULIS DAN INOVASI KURIKULUM BAHASA. 5(1), 108–118.
Miaz, Y. (2013). Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Number Head Together ( NHT ) Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Kelas IV SDN No . 112302 Adian Torop Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara. 4(1), 3024–3033.
Miaz, Y., & Gustiani, P. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 8. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/4738
Miaz, Y., & Susanti, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Group Investigation di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2671–2677.
Mukarromah, A. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Model Discovery Learning Berdasarkan Pembelajaran Tematik. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 38. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.11844
Nadhirah, O. V., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 368–379.
Nur, K., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Teaching on the Application of A Project Based Learning Model Has Been Affected by Integrated Thematic Learning at Elementary School. 8.
Polat, Ö., & Aydın, E. (2020). The effect of mind mapping on young children’s critical thinking skills. Thinking Skills and Creativity, 38. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100743
Rachmadtullah, R. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 287. https://doi.org/10.21009/jpd.062.10
Reflianto, & Syamsuar. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan.
Sari, L., Marsidin, S., Sabandi, A., Padang, U. N., & Sabandi, A. (2020). Pemahaman Pembuatan RPP Dan Penggunaan Model K-13 Di Sekolah Dasar. 2(2), 181–186.
Sundahry, S., Fitria, Y., & Rakimahwati, R. (2019). Pengaruh Strategi Reciprocal Teaching Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Tematik Kelas V Sd. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 1. https://doi.org/10.17509/eh.v11i1.9766
Tebo, S. M. K. A., Jambi, P., Halimahturrafiah, N., Adi, N., & Marsidin, S. (2021). Persepsi Siswa terhadap Pelaksanaan Pembelajaran oleh Guru di. 5, 4128–4134.
Tema, P. P., Nurman, V., Ramadhani, R., Wahyugi, R., & Fitria, Y. (2020). SEJ (School Education Journal) Vol. 10 No. 2 Juni 2020. 10(2), 174–184.
Yerizon, Y., Farhani, F., Syarifuddin, H., & Tajudin, N. M. (2020). The Effect of Think Pair Check Model on Students Understanding of Mathematical Concepts in Terms of Cognitive Style. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i1.14932
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1833
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Cicilia Ovavia, Sufyarma Sufyarma, Atmazaki Atmazaki, Yalvema Miaz
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.