Humanist Literacy in Critical Reading Activities as an Alternative Direction for Future Language Learning
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardani, N. K., Dantes, I. N., Studi, P., Dasar, P., & Ganesha, U. P. (2020). Pengembangan Instrumen Literasi Humanistik dan Hasil Dasar Menganalisis Siklus Air dan Dampaknya pada Peristiwa di Bumi dan Kelangsungan Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas V SD. PENDASI: Juranal Pendidikan Dasara Indonesia, 4(2), 112–121.
Asnawi, A. (2016). Persepsi Mahasiswa terhadap Pemanfaatan Youtube Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Membaca. GERAM, 4(3), 11–22. https://scholar.google.com/scholar?cluster=4515291454555617083&hl=en&oi=scholarr
Asnawi, A. (2017). Pemanfaatan Blanded Learning Edmodo Grup dalam Pembelajaran Mata Kuliah Membaca. GERAM, 5(2), 53–61. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Asnawi, A., Wahyuni, S., Zulaeha, I., & Rasdana, O. (2019). Development of Pictorial Anecdotal Text Materials As an Alternative Language Learning. International Conference on Education, Language, and Society.
Cahyanto, Z. D., Basuki, I. A., & Martutik. (2016). Pengembangan Instrumen Asesmen Membaca Kritis Untuk Siswa Sma/Smk Kelas X dan XI. Jurnal Pendidikan, 1(5), 780–784. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6256/2672
Mardiana, Maman, M., & Sultan, S. (2019). Membaca Kritis dan Kemampuan Mengungkapkan Makna Tersirat Teks Cerpen Siswa SMP. Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(3), 137–148. https://doi.org/10.26499/bahasa.v1i3.6
Mardliyah, S., Siahaan, H., & Budirahayu, T. (2020). Pengembangan Literasi Dini melalui Kerjasama Keluarga dan Sekolah di Taman Anak Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 892–899. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.476
Mukhlis, M., Asnawi, A., & Rasdana, O. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksposisi Berbasis Tunjuk Ajar Melayu. Jurnal Sastra Indonesia, 9(2), 97–102.
Muliastrini, N. K. E. (2019). Penguatan Literasi Baru (Literasi Data, Teknologi, dan SDM/Humanisme) Pada Guru-Guru Sekolah Dasar dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal STKIP Amlapura, 19(2), 88–102.
Puspita, A. M. I., Saud, U. S., Damaianti, V. S., & Mulyati, Y. (2021). The Effectiveness of the Ider-Ider Learning Model Based on Javanese Local Wisdom on Humanistic Literacy of Elementary School Students Efektivitas Model Pembelajaran Ider-Ider. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 10(1), 51–60. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v10vi1i.8
Ristekdikti. (2018). Pengembangan IPTEK dan Pendidikan Tinggi di Era Revulusi Industri 4.0. Ristekdikti.Ac.Id.
Rozak, A. (2018). Perlunya Literasi Baru Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Unjkt.Ac.Id. uinjkt.ac.id.https://www.uinjkt.ac.id/perlunya-literasi-baru-menghadapi-era-revolusi-indutri-4-0/
Safio, P. K., Jediut, M., & Robe, M. (2020). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Humanistik terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Katolik Siswa. Jurnal Literasi, 1(2), 8–13.
Sanjayanti, S. P. A. ., Qondias, D., Wardana, M. A. ., & Darmayanti, N. W. . (2018). Diagnosa Literasi Humanistik dalam Model Pembelajaran Konstruktivis pada Mahasiswa Politeknik Ganesha Guru. Seminar Nasional Riset Inovatif, 92–96.
Sultan. (2018). Membaca Kritis: Mengungkap Ideologi Teks dengan Pendekatan Literasi Kritis. Yogyakarta: Baskara Media.
Zulaeha, I. (2018). Perlunya Literasi Humanis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Krjogja.Com, 1–2. https://www.krjogja.com/pendidikan/kampus/perlu-literasi-humanis-dalam-pembelajaran-bahasa-indonesia/
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1514
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Asnawi Asnawi, Sri Wahyuni, Fauzul Etfita
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.