IMPLEMENTASI MANAJEMEN LEMBAGA PADA PENDIDIKAN ALQURAN DI MA’HAD ALQURAN DAN DIROSAT ISLAMIYAH DURI

efni ramli

Abstract


The purpose of this research is to know how the institutional management system that run in Ma'had alquran and Dirosat Islamiyah. The formulation of the problem in this research is whether there is influence of institution management implementation to educate of alquran in Mahad alquran and Dirosat Islamiyah. The research method used in this research is quantitative method. Data collection techniques consist of observation, documentation, interview, questionnaire, and literature study. For data analysis technique use descriptive and percentage. Based on the results of research conducted it can be seen that the institution Ma'had alquran and Dirosat Islamiyah as an educational institution alquran has implemented the functions of management as contained in the theories of management science. Institutional management run in Ma'had alquran and Dirosat Islamiyah is quite maximal, but also new innovations both in institutional system and education system of Quran, so that institution Ma'had alquran and Dirosat Islamiyah is better known by other regions. This proves that a well-managed Quran educational institution produces a good quality of Quranic education so as to bring people's appeal to study the Quran there.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem manajemen kelembagaan yang dijalankan di Ma’had alquran dan Dirosat Islamiyah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh implementasi manajemen lembaga terhadap pendidikan alquran di Ma’had Alquran dan Dirosat Islamiyah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data terdiri atas observasi, dokumentasi, wawancara, angket, dan studi pustaka. Sementara untuk teknik analisis data menggunakan deskriptif kualiatif dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa lembaga Ma’had alquran dan Dirosat Islamiyah sebagai sebuah lembaga pendidikan alquran telah melaksanakan fungsi-fungsi manajemen sebagaimana yang terdapat dalam teori-teori ilmu manajemen. Manajemen kelembagaan yang dijalankan di Ma’had alquran dan Dirosat Islamiyah terbilang cukup maksimal, tetapi perlu juga adanya inovasi-inovasi baru, baik dalam sistem kelembagaan maupun sistem pendidikan alquran, agar lembaga Ma’had alquran dan Dirosat Islamiyah lebih dikenal lagi oleh daerah-daerah lain. Ini membuktikan bahwa sebuah lembaga pendidikan alquran yang terkelola dengan bagus menghasilkan kualitas pendidikan alquran yang bagus pula sehingga mendatangkan daya tarik masyarakat untuk belajar alquran di sana.


Keywords


Manajemen Lembaga, Pendidikan alquran

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. (Jakarta: Rineka Cipta)

Arikunto, Suharsimi Dan Yuliana, Lia. 2012. Manajemen Pendidikan. (Yokyakarta: Aditya Media)

Departemen Agama RI. 2008. Al-Quran Dan Terjemahnya. (Bandung: Diponegoro)

Daradjat, Zakiah. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta: Bumi Aksara)

Fattah, Nanang. 2008. Landasan Manajemen Pendidikan. (Bandung: Rosdakarya)

Firdaus. 2004. Ushul Fiqh (Metode Mengkaji Dan Memahami Hukum Islam Secara Komprehensif). ( Jakarta: Zikrul Hakim)

Hasbullah. 2013. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. (Jakarta: Rajawali Pers)

Khaliil Al-Qattaan Mannaa’. 2011. Studi Ilmu-Ilmu Quran. (Bogor: Pustaka Litera Antarnusa)

Kompri. 2014. Manajemen Sekolah: Teori & Praktek. (Bandung: Alfabeta)

Lukmanul Hakim, Yana. 2012. Ta’lif. (Duri: Ma’had Al-Quran dan Dirosat Islamiyah (Maqdis)

M.H. Thabathaba’I, Allamah Dan Az-Zanjani, Abu Abdullah. 2009. Mengungkap Rahasia Al-Quran. (Bandung: Mizan)

Nasehuddin, Toto Syatori, dkk. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. (Bandung: Pustaka Setia)

Poerwadarminta WJS. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. (Jakarta: Balai Pustaka)

Siswanto. 2013. Pengantar Manajemen. (Jakarta: Bumi Aksara)

Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. (Bandung: Alfabeta)

. 2014. Metode Penenlitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. (Bandung: Alfabeta)

Lu’luatul Mahzunah. 2009. Skripsi Manajemen Lembaga Pendidikan Pasca Bencana. (di akses 5 April 2016)

Belajar Islam. 2011. Tartil. http://belajarislam.com/2011/01/tartil/ (di akses 5 April 2016)

Nur Dela Laluhun. 2009. Manajemen Kurikulum Di Taman Pendidikan Al-Quran Al-Ikhlas Tempel Catur Tunggal Depok Sleman Yokyakarta. http://digilib.uinsuka.ac.id/3002/1/BAB%20I,%20IV,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf (di akses 5 April 2016)

Nur Rohmah Wijayanti. 2012. Manajemen Pembelajaran Membaca Al-Quran Dengan Metode Qiraati Di MIT Nurul Islam Ringinwok Semarang. http://library.walisongo.ac.id/digilib/files/disk1/140/jtptiain--nurrohmahw-6987-1-skripsi.pdf (di akses 5 April 2016)

Tahfidz Al-Quran. 2014. Pengertian Tahfidz Al-Quran.

http://bukuinsfirasi.blogspot.co.id/2014/08/pengertiantahfidzquran.html (di akses 5 April 2016)

Seputar Pengetahuan. 2015. Pengertian Lembaga Pendidikan Menurut Para Ahli. http://www.seputarpengetahuan.com/2015/03/pengertian-lembaga pendidikan-menurut-para-ahli.html (di akses 5 April 2016)




DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v10i1.58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 efni ramli

Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:

    

 


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.