Principal Leadership in Increasing the Professionalism of Elementary School Teachers in Banyuasin Regency
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, A., & Saefurrohman, S. (2020). Teacher´s perception of academic supervision of the school headmaster. Utopia y Praxis Latinoamericana. https://doi.org/10.5281/zenodo.3987624
Alhabsyi, F., S. Pettalongi, S., & Wandi, W. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, Vol. 1, pp. 11–19. https://doi.org/10.24239/jimpi.v1i1.898
Alwi, N. (2021). Gaya Kepemimpinan dan Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Annizom, 2(3), 320–329. Retrieved from https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/annizom/article/view/5911
Bahri, S., Armanda, D., & Kurniawan, R. (2022). Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru (Studi pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kecamatan Lapang Kabupaten Aceh Utara). Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(2), 248–256.
Botha, R. J. (2011). The managerial role of the principal in promoting teacher professionalism in selected Eastern Cape schools. Africa Education Review, 8(3), 397–415. https://doi.org/10.1080/18146627.2011.618620
Carlyna, A., Ahmad, S., & Kesumawati, N. (2022). Strategi Kepala Sekolah Untuk Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Membina Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.5043
Devinta, S., & Santosa, A. B. (2022). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru dengan Gaya Kepemimpinan Transformasional sebagai Moderasi. E-Bisnis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(2), 294–303.
Dewi, R. S. (2018). Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan. https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11581
Hartinah, S., Arbaini, W., & Tarbiyah, F. (2020). Kepala Sekolah Sebagai Motivator: Upaya Meningkatkan Kinerja Guru di Mts N 01 Kepahiang. Islamic Management : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.
Koriati, E. D., Syam, A. R., & Ariyanto, A. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru Pendidikan Dasar Dalam Proses Pembelajaran. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education. https://doi.org/10.24269/ajbe.v5i2.4815
Meleong, L. J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyadi. (2009). Manajemen dan kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa, H. E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munawir Pohan, M. (2018). Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dan Pemimpin Pendidikan. Ansiru PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam. https://doi.org/10.30821/ansiru.v2i1.1632
Priyadi, M. A., & Farid Wajdi, D. D. S. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Sma Kramat Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Change Think Jounal, 2(1), 82–91. https://doi.org/https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/changethink/article/view/1132/691
Purwanti, S. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Dan Pegawai Di SMA Bakti Sejahtera Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur. EJournal Administrasi Negara, 1(1), 210–224.
Sani, B. (2017). Kompetensi Pedagogik, Teori dan Praktik Untuk Peningkatan Kinerja dan Kualitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Sonedi. (2018). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru The Role of Principal Leadership in Improving Teacher Performance. Anterior Jurnal.
Suharsaputra, U. (2018). Supervisi Pendidikan (Pendekatan Sistem Berbasis Kinerja. Bandung: Refika Aditama.
Sweigart, C. A., & Collins, L. W. (2017). Supporting the Needs of Beginning Special Education Teachers and Their Students. Teaching Exceptional Children. https://doi.org/10.1177/0040059917695264
Wahjosumidjo. (2016). Organisasi, Kepemimpinan & Prilaku Administrasi. Jakarta: Gunung Agung.
Zahroh, A. (2015). Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: Yrama Widya.
Zainuddin, N., Palinggi, Y., & Made Agung Dwijatenaya, I. B. (2022). The Role Of Leadership Principles In Increasing Teacher Performance At Tsanawiyah Negeri 1 Madrasah, Kutai Kartanegara Regency. Journal of World Science, 1(9), 791–808. https://doi.org/10.36418/jws.v1i9.100
Zainuddin, Z., Ananiah, A., & Saugi, W. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Darul Ihsan Anggana. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, Vol. 1, pp. 179–187. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v1i2.3213
Zuldafrial, A. (2012). Metode Penelitian. Jakarta: Dian Pustaka.
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.4458
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Arwan, Abdul Hadi, Ade Akhmad Saputra
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


.png)




