Wahdatul ‘Ulum Perspective Systemic Thinking: Study Integration of Science in Islamic Education
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adinugraha, H.H., Hidayanti, E., & Riyadi, A. (2018). “Fenomena Integrasi Ilmu di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri: Analisis Terhadap Konsep Unity of Sciences di UIN Walisongo Semarang” Hikmatuna, 4(1), 1-24. http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/hikmatuna/article/view/1267.
Al Asy’ari, A., Fadillah, N., Nurussatilalfaini, N., & Juliana, E. (2021). “Mengedukasi Masyarakat pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Program KKN UIN SU untuk Membenahi Pendidikan Desa Sei Rotan Tahun 2021” Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 704-709. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/2012.
Al Mujtahid, N.M., Alfikri, M., & Sumanti, S.T. (2022). “Penguatan Harmoni Sosial Melalui Moderasi Beragama dalam Surah Al-Kafirun Perspektif Komunikasi Pembangunan (Analisis UINSU ‘Kampus Moderasi Beragama’)” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 531-544. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/2042.
Al Rasyidin, A., & Nizar, S. (2005). Pendekatan Historis, Teoretis, dan Praktis Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Aminullah, E. (2004). Berpikir Sistemik. Jakarta: PPM.
Assingkily, M.S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Panduan Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Baniah, S. (2022). “Mengulas Konsep Perennial Knowledge dan Acquired Knowledge” Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 449-458. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/walisongo/article/view/308.
Bungsu, R., & Rosadi, K.I. (2020). “Faktor yang Mempengaruhi Berpikir Sistem: Aspek Internal dan Eksternal” Jurnal Ekonomi Manajemen dan Sistem Informasi, 2(2). http://repository.uinjambi.ac.id/8722/.
Daulay, N. (2014). Pengantar Psikologi dan Pandangan Al-Quran tentang Psikologi. Jakarta: Prenada Media Group.
Dewi, D. T., Ningsih, S. S., Al-Fathan, K. M., & Muqowim, M. (2022). “Integrasi Ilmu Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah” Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14479-14485. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4722.
Dzukroni, A. A. (2022). “Integrasi Ilmu Keislaman dan Sosial Humaniora dalam Studi Islam: Kritik Epistemologi Muhammad Arkoun Terhadap Metodologi Studi Islam” At-Turas: Jurnal Studi Keislaman, 9(1), 142-164. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/at-turas/article/view/3712.
Fakhrurrazi, F. (2021). “Konsep Berpikir Sistemik dalam Penyusunan Rencana Strategis” Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 6(1). http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/isema/article/view/9406.
Fatimah, S. (2021). “Strategi Wahdatul ‘Ulum dalam Mewujudkan Moderasi Beragama” Jurnal Studi Sosial dan Agama (JSSA), 1(1), 131-146. http://jurnalpatronisntitute.org/index.php/jssa/article/view/11.
Fridiyanto, F. (2019). “Paradigma Wahdatul Ulum Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan: Sebuah Upaya Filosofis Menghadapi Era Disrupsi” Journal Analytica Islamica, 8(2), 149-155. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1630707.
Fridiyanto, F. (2020). Wahdatul ‘Ulûm UIN Sumatera Utara Medan: Strategi Bersaing Menuju Perguruan Tinggi Islam Kompetitif. Malang: Literasi Nusantara.
Hafiz, M. (2022). “Implikasi Integrasi Ilmu Sains dan Agama pada Perkembangan Akhlak Peserta Didik” Journal of Social Research, 1(7), 617-625. https://internationaljournallabs.com/ijsr/index.php/ijsr/article/download/125/161.
Hamka, A., & Putro, K. Z. (2022). “Konsep Integrasi Ilmu ke-MI-an dengan Ilmu Islam” JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 3(1), 1-12. http://jiees.alkhoziny.ac.id/index.php/jiees/article/view/35.
Harahap, S., et.al. (2019). Wahdatul ‘Ulûm: Paradigma Integrasi Keilmuan dan Karakter Lulusan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Medan. Medan: Perdana Publishing.
Hasibuan, H. (2022). “Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Wahdatul ‘Ulûm pada Masa Pandemi Covid-19” Repository UINSU Medan. http://repository.uinsu.ac.id/13551/1/laporan%20penelitian.pdf.
Hassoubah, I.Z. (2004). Developing Creative and Critical Thinking Skill. Bandung: Nuansa.
Irawan, D., & Putra, R. S. (2022). “Integrasi Ilmu Pengetahuan: Kajian Interdisipliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner Ilmu Pendidikan Islam Kontemporer” Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18(1), 132-140. http://jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/attaqwa/article/view/96.
Istiqomah, N., & Putro, K. Z. (2022). “Konsep Integrasi Ilmu ke-MI-an dengan Ilmu Islam” Madrosatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 37-46. http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/view/466.
Juhana, H., Natsir, N. F., & Haryanti, E. (2022). “Integrasi Ilmu M. Amin Abdullah dan Kuntowijoyo” JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 192-200. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/397.
Khairuddin, K. (2022). “Al-Ittihadiyah’s Gait in the Field of Education in North Sumatra (Study of the History of Islamic Education)” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02). http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/2486.
Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Kowiyah, K. (2012). “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa” Jurnal Pendidikan Dasar, 3(5). http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=201158&va.
Lubis, M. A., Taib, S. H. B., Usiono, U., Lubis, I., & Sjahrony, A. B. (2022). “Integrasi Ilmu dan Inovasi Pendekatan Digital dalam Pendidikan Islam Mendepani Era Revolusi Industri 4.0 di Universiti Kebangsaan Malaysia” Asean Comparative Education Research Journal on Islam and Civilization (ACER-J), 5(1), 27-41. https://spaj.ukm.my/acerj/index.php/acer-j/article/view/97.
Lubis, R.R. (2021). “Universitas Islam Negeri (Studi Historisitas, Perkembangan, dan Model Integrasi Keilmuan)” Hikmah, 18(2), 150-167. http://e-jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/hikmah/article/view/128.
Mardianto, M. (2021). “Pengembangan Parental Keilmuan di Lingkungan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan” Repository UIN SU Medan. http://repository.uinsu.ac.id/12003/.
Mukhsin, A., Ifani, A., Manurung, A.A.B., Situmorang, D.F., & Rambe, P.R. (2021). “Tingkat Partisipasi Masyarakat Kampung Jawa Desa Tebing Linggahara Baru dalam Gerakan ‘Rumah Belajar’ Mahasiswa/i KKN Kelompok 185 UINSU Perspektif Wahdatul Ulum” Al-Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 4(02), 379-388. http://stitalamin.ac.id/jurnal/index.php/alamin/article/view/124.
Munthe, K. B. (2022). “Integrasi Ilmu Terhadap Transformasi Pendidikan Tinggi Islam di Indonesia (PTAIN, ADIA, IAIN, STAIN dan UIN)” Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 386-399. https://j-las.lemkomindo.org/index.php/BCoPJ-LAS/article/view/40.
Muthia, R. (2020). “Perkuliahan Bahasa Indonesia Berbasis Teks dalam Paradigma Kesatuan Ilmu Pengetahuan” At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 5(1). https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/at-tarbawi/article/view/2074.
Nasution, H.B. (2016). “Mashsha’iyah: Mazhab Awal Filsafat Islam” Jurnal Theologia, 27(1), 73-102. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/teologia/article/view/919.
Putri, D.S. (2016). “Pengembangan Modul Berorientasi Unity of Science dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Materi Termokimia” Skripsi, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang. http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5895/.
Sarbaini, A., Natsir, N. F., & Haryanti, E. (2022). “Integrasi Ilmu dan Agama Sebagai Islamisasi Ilmu Pengetahuan” Riayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 7(01), 85-95. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/riayah/article/view/5067.
Sari, W., & Yuzaidi, Y. (2021). “Pendidikan Al-Qur’an Anak Usia Dini: Penelusuran Atas Beberapa Metode” Idrak: Journal of Islamic Education, 3(2), 311-322. http://jurnal.stit-rh.ac.id/index.php/idrak/article/view/34.
Sholichin, M. M., Alim, W. S., & Nasrullah, A. M. A. (2022). “Integrasi Ajaran Islam dengan Ilmu Pengetahuan pada Program Studi Tadris Ilmu Pendidikan Alam IAIN Madura: Struktur Kurikulum, Strategi Pembelajaran dan Pandangan Masyarakat” NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 19(1), 1-22. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/nuansa/article/view/5431.
Sidharta, A. (2005). Keterampilan Berpikir. Bandung: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Sufratman, S. (2022). “Integrasi Agama dan Sains Modern di Universitas Islam Negeri (Studi Analisis Pemikiran M. Amin Abdullah)” Al-Afkar: Journal for Islamic Studies, 5(1), 209-228. http://www.al-afkar.com/index.php/Afkar_Journal/article/view/211.
Suharto, T. (2015). “The Paradigm of Theo-Anthropo-Cosmocentrism: Reposition of the Cluster of Non-Islamic Studies in Indonesian State Islamic Universities” Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 23(2), 251-282. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/walisongo/article/view/308.
Sujanto, A. (2004). Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara.
Suridah, S. (2022). “Pendidikan Berbasis Integrasi Ilmu dalam Al-Qur’an” Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 477-490. https://j-las.lemkomindo.org/index.php/BCoPJ-LAS/article/view/53.
Suryabrata, S. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Suryani, I., & Syarqawi, A. (2020). “Pendekatan Konseling Adaptif dalam Konteks Pendidikan Islam” Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Univesitas Negeri Malang, 1(1), 60-68. http://conference.um.ac.id/index.php/bk/article/view/59.
Zebua, A.M., Lubis, R.R., Batubara, A.R., & Saragih, A.K. (2022). “Pembentukan Karakter Mahasiswa UINSU Medan Melalui Konsep Wahdatul Ulum” Al-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 8(2), 39-48. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/murabbi/article/view/4610
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.2505
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Zulkipli Nasution, Selamat Pasaribu, Surianto Surianto, Ahmad Ridwan, Hasan Bakti Nasution
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.