Teacher Career Development Management at Madrasah Aliyah Negeri
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfiansyah, M., et.al. (2020). “Kebijakan Internal Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta” MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 11(1). https://www.publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/MAGISTRA/article/viewFile/3460/3192.
Aljuhri, Muhadist. (2012). “Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja dan Lingkungan Kerja Sekolah Terhadap Motivasi Berprestasi” Jurnal Administrasi Pendidikan, 14(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/view/6717.
Arman, et.al. (2016). “The effect of school supervisors competence and school principals competence on work motivation and performance of Junior High School teachers in Maros Regency, Indonesia” International Journal of Environmental and Science Education, 11(15). https://core.ac.uk/download/pdf/97978208.pdf.
As’ad. (2017). “Pengembangan Karir Guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Ifadah Penjaringan Jakarta Utara”, Jurnal Wacana Didaktika, 5(1). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/2068.
Asmani, Jamal Ma’mur. (2013). Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif dan Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Assingkily, Muhammad Shaleh & Mesiono. (2019). “Karakteristik Kepemimpinan Transformasional di Madrasah Ibtidaiyah (MI) serta Relevansinya dengan Visi Pendidikan Abad 21” MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1). http://202.0.92.5/tarbiyah/manageria/article/view/2475.
Assingkily, Muhammad Shaleh & Nur Rohman. (2019). “Edupreneurship dalam Pendidikan Dasar Islam” JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 5(2). http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/3721.
Assingkily, Muhammad Shaleh. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Meneliti dan Membenahi Pendidikan dari Kelas). Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.
Azhari, Riza. & Abdul Halim Wicaksono. (2017). “Manajemen Pembinaan Karir Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan Islam” Jurnal At-Ta’dib, 12(2). https://core.ac.uk/download/pdf/235572887.pdf.
Batubara, Hamdan Husein. (2016). "Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi PGMI UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari" Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1). https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/91.
Creswell, John W. (2009). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, Inc.
Departemen Pendidikan Nasional. (2000). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Balai Pustaka.
Dewi, Asnita Putri & Rusdinal. (2020). “Perkembangan Karir Guru” Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 5(1). https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/3489.
Dryden, Gordon & Jeannette Vos. (2001). The Learning Revolution: To Change The Way World Learns. USA: Network Educational Press.
Fathoni, Ahmad. (2016). “Monitoring dan Evaluasi Program Pengembangan Karier Fungsional Guru pada Tiga Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Sukoharjo” Publikasi Ilmiah, 3(1). https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/6696.
Fauzi, Ahmad. (2017). “Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Memberikan Layanan Karir Bagi Siswa Kelas IX SMPN 23 Banjarmasin” Skripsi. Banjarmasin: UIN Antasari Banjarmasin. http://idr.uin-antasari.ac.id/9098/.
Hilmi, Anif Iftiros. (2014). “Penerapan Standar Mutasi di Lembaga Pemerintah (Studi Kasus di Lingkungan Kementerian Agama Kota Surabaya)” Skripsi. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/2025/1/Abstrak.pdf.
Jawani. (2012). Kompetensi Guru: Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.
Nadlir, M. (2013). “Perencanaan Pembelajaran Berbasis Karakter” Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2): 338-352. https://doi.org/10.15642/jpai.2013.1.2.338-352.
Nurlaila. (2018). “Urgensi Perencanaan Pembelajaran dalam Peningkatan Profesionalisme Guru” Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 1(1). http://jurnal.kopertais5aceh.or.id/index.php/al-qiraah/article/view/124.
Okoroji, L.I. (2014). “Impact of Leadership Styles on Teaching and Learning Process in Imo State” Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(4).
Orgovanyi, Judit & Gajdos. (2016). Teacher’s Professional Development on Problem Solving: Theory and practice for Teachers and Teacher Education. Rotterdam: Sense Publishers.
Prabowo, Sugeng Listyo. (2010). “Perencanaan Pembelajaran pada Bidang Studi, Bidang Studi Tematik, Muatan Lokal, Kecakapan Hidup, Bimbingan dan Konseling” UIN Maliki Press. http://repository.uin-malang.ac.id/1616/.
Rachman, Fathor. (2015). “Manajemen Organisasi dan Pengorganisasian dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadith” Ulumuna, 1(2). http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/ulumuna/article/view/1628.
Rachmawati, Ryna. (2019). “Pengawas Sekolah/Madrasah: Pengembangan Karir Seorang Pendidik” Jurnal Tatar Pasundan, 13(1). https://bdkbandung.kemenag.go.id/tatarpasundan/jurnal/index.php/tp/article/download/15/67.
Rahayu, Galih Dani Septiyan & Dida Firmansyah. (2018). “Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendampingan Bagi Guru Sekolah Dasar” Abdimas Siliwangi, 1(1). https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/36.
Rahmawati, Alvi Dyah. (2018). “Manajemen Pengorganisasian Program Khusus Bahasa Arab di Pare Kediri” Arabi: Journal of Arabic Studies, 3(1). https://journal.imla.or.id/index.php/arabi/article/view/71.
Ramdani, Agus, et.al. (2019). “Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Yusuf Abdussatar Kediri Lombok Barat” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(2). http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/357.
Ramli, Efni. (2015). "Tinjauan tentang Mutu Terpadu" Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 7(2). http://www.journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/44.
Ramli, Efni. (2017). "Membuat Proses Manajemen Berkualitas" Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 9(1). http://www.journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/1/1.
Rifa’i, Muhammad & Muhammad Shaleh Assingkily. (2021). “Lisik: Lima Pilar Kebijakan Internal Kepala RA Al Hijrah Badrul Ulum dalam Menciptakan Iklim Belajar Kondusif” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1098.
Rosyada, Dede. (2017). Madrasah dan Profesionalisme Guru dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah. Jakarta: Kencana.
Saefrudin. (2017). “Pengorganisasian dalam Manajemen” Kependidikan dan Syariah, 5(2). http://www.jurnal.staiba.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/45.
Sanjaya, Wina. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia.
Sarinah. (2016). “Manajemen Pengembangan Karir SDM di Pondok Pesantren Al-Munawwaroh Kabupaten Merangin” Prosiding Jambi International Seminar on Education (JISE), 3-4 April.
Semito, Alex S. Niti. (1992). Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sepriyanti, Nana. (2012). “Guru Profesional adalah Kunci Mewujudkan Pendidikan Berkualitas” Jurnal Al-Ta’lim, 1(1). http://www.journal.tarbiyahiainib.ac.id/index.php/attalim/article/view/8.
Sholihah, Baqiyatush. (2018). “Evaluasi dan Supervisi Program Pembelajaran Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Bilingual An-Nisa Semarang” Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1). https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/article/view/718.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syafaruddin, et.al. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Hijri Pustaka Utama.
Syafaruddin, et.al. (2020). “Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Bunayya Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah” AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1). http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8966.
Tambunan, Tumpal B. M. (2017). “Pengembangan Karir Guru Menuju Indonesia Emas” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan 2017. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/snpu/article/view/15036.
Tan, Cheng Yong. (2018). “Examining School Leadership Effects on Student Achievement: The Role of Contextual Challeenges and Constraints” Cambridge Journal of Education, 48(1). https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/0305764X.2016.1221885.
Wardani, Emilia Neni Kusuma, et.al. (2021). “Kebijakan Sekolah dalam Mendukung Pengembangan Karir Guru SD Negeri 02 Balai Kecamatan Balai Kabupaten Sanggau” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(1). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/44455.
Wiganda, Supria. (2014). "Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru Se-Jakarta Timur" Sarwahita: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(1). https://doi.org/10.21009/sarwahita.111.01.
Yanti, Eka Fitri, et.al. (2015). “Hubungan Persepsi Karir, Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, dengan Kinerja Guru” Jurnal Studi Sosial, 3(4). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/10961.
Zulaikhah, Nurhimah. (2014). “Hubungan Antara Dukungan Orang Tua dan Orientasi Karir dengan Pengambilan Keputusan Studi Lanjut” Tesis. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/32512/.
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.759
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Syafaruddin Syafaruddin, Mesiono Mesiono, Indrasyah Sitompul
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.