Analysis of Students' Learning Difficulties in Learning Mathematics at Elementary Schools
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andri, dkk. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Kelas V Sd Negeri 25 Rajang Begantung. J-PiMat, 2(2), 231–241. DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.869
Abrar, A. I. P. (2018). Kesulitan Siswa SMP Belajar Konsep Dan Prinsip Dalam Matematika. AlKhwarizmi:Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 59–68. 8. https://doi. org/10.24256/jpmipa.v2i1.102
Chotimah, N. H. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif (MPG) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa di Kelas X pada SMA Negeri 8. Skripsi.Universitas PGRI Palembang Palembang. Skripsi.Universitas PGRI Palembang.
Djumali dkk. (2014). Landasan Pendidikan. Gava Media.
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110
Erwin Sulaiman, dkk. (2016). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Strategi Problem Based Learning Pada Kelas VIII C SMP Muhammadiyah 29 Sawangan Depok. 37-38. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika., 2(1). DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.31-43
Fauzi, Irfan dan Andika, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 28–35. DOI:10.15294/kreano.v11i1.20726
Hasan, B. (2015). Penggunaan Scaffolding Untuk Mengatasi Kesulitan Menyelesaikan Masalah Matematika. Apotema, 1(1), 88–89. DOI: https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.998
Kereh, C. T., Sabadar, J., & Tjiang, P. C. (2013). Kereh, C. T., Sabadar, J., & Tjiang, P. C. (2013). Identifikasi kesulitan belajar mahasiswa dalam konten matematika pada materi pendahuluan fisika inti. In Proceedings of Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains VIII, Fakultas Sains dan Matematika, (pp. 10–17). UKSW
Melisari, D. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Matematika Sekolah Dasar Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 172–182. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.182
Mufarizuddin. (2018). Analisis Kesulitan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri 012 Bangkinang Kota. Journal on Education, 1(1), 40–47. . https://doi.org/10.31004/joe.v1i1.8
Mulyadi. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar Dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Nuha Litera.
Murzani. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di kelas IV SDN 9 Masbagik Utara Tahun Ajaran 2017/2018. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Kreano, 9(2), 139–148. 8. https://doi.org/http://dx.doi. org/10.15294/kreano.v9i2.15067
Nurul Amallia dan Een Unaenah.(2018) Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Attadib (Jurnal of Elementary Education. 2(2). DOI: https://doi.org/10.32507/attadib.v2i2.414
Rahayu Sri Waskitoningtyas. (2016). Anlisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5 (1) DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852
Safitri, S. R. E. dan A. S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Kelas V SDN Banyuajuh 6 Tahun Ajaran 2019/2020. Prosiding Nasuonal Pendidikan, 1(1), 338–344.
Sholihah, S. Z., & Afriansyah., E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berfikir Van Hiele. Jurnal “Mosharafa,” 6(2), 287–298. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.317
Sujana., W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan. ADI WIDYA : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39. DOI: http://dx.doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Unaenah, een dan M. S. S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106–111 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.85.
Utari, Dian Rizky, M. Y. S. W. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 546–552. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311
Wiryanto. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemo Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2). DOI: http://dx.doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132
Widyasari, dkk. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–11.
DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5069
Yeo, K. K. J. (2009). Secondary 2 Students' Difficulties in Solving Non-Routine Problems. Research in mathematics Education in Singapore, p. 1-30. International Journal for Mathematics Teaching and Learning, 1–30. ERIC Number: EJ904874
Yusmin, E. (2016). Kesulitan Belajar Siswa pada pelajaran Matematika (Rangkuman Dengan Pendekatan Meta-Ethnography). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 9(1), 2119–2136 DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v9i1.24806
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.745
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Yulita, Siti Quratul Ain
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.