The Impact of Gadgets on Moral Values during the Covid-19 Pandemic in Early Childhood
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, S. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori. Bumi Aksara.
Anggraeni, S. (2019). Pengaruh pengetahuan tentang dampak gadget pada kesehatan terhadap perilaku penggunaan gadget pada siswa SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin. Faletehan Health Journal, 6(2), 64-68.
Ariyanti, T. (2016). The Importance of Childhood Education for Child Development. Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 50–58.
Aswadi, D., & Lismayanti, H. (2019). Dampak Penggunaan Smartphone terhadap Pendidikan Karakter Anak di Era Milenial. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(1), 89–98. https://doi.org/10.33654/sti.v4i1.970
Atabik, A., & Burhanuddin, A. (2016). Prinsip dan Metode Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Thufula, 2(1), 59–67.
Cucu Sopiah , S . Pd, M. . S. (2021). DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI Cucu Sopiah , S . Pd , M . Si Universitas Muhammadiyah Cirebon , Fakultas Ilmu Pendidikan Pendidikan Guru Pendidik Anak Usia Dini email : cucu.sopiah@umc.ac.id PENDAHULUAN Keberhasilan. Jendela Bunda, 8(02).
Depdiknas. 2010. Pedoman penilaian. Jakarta :Kemendiknas dirjen mandas dan menengah direktorat Pembinaan TK SD
Fiana, F. J., & Ridha, M. (2013). KONSELOR | Jurnal Ilmiah Konseling Disiplin Siswa di Sekolah dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Ilmiah Konseling, 2(April), 26–33.
Hidayati, R. (2020). Peran Orang Tua : Komunikasi Tatap Muka Dalam Mengawal Dampak Gadget Pada Masa Golden Age. SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.35308/source.v5i2.1396
I’anah, N. (2017). Birr al-Walidain Konsep Relasi Orang Tua dan Anak dalam Islam. Buletin Psikologi, 25(2), 114–123. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.27302
Ismail, M., Sumarni, T., & Sofiani, I. K. (2019). c (Studi Kasus Orang Tua dari Anak Usia 5 Tahun di TKIT Ibu Harapan Kecamatan Bengkalis). AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 11(1), 96.
Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–76. https://portaldik.id/assets/upload/peraturan/PERMEN KEMENDIKBUD Nomor 137 Tahun 2014 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.pdf
Ketut Suta. 2022. 2 Remaja Sigi Pencuri di 30 TKP Diciduk di Palu, Berikut Daftar Lokasinya dan Barang Digasak. TribunPalu.com. di akses pada Tanggal 10 Maret 2022 [online] https://palu.tribunnews.com/2022/01/15/2-remaja-sigi-pencuri-di-30-tkp-diciduk-di-palu-berikut-daftar-lokasinya-dan-barang-digasak?page=3
Ketut Suta. 2022. Hendak Jual Motor, Dua Pelaku Curanmor Ditangkap Polisi Salah Satunya Pelajar. TribunPalu.com. di akses pada Tanggal 9 Maret 2022 [online] https://palu.tribunnews.com/2022/03/06/hendak-jual-motor-dua-pelaku-curanmor-ditangkap-polisi-salah-satunya-pelajar
Kusumastuti, F. (2020). Pengaruh Intensitas Penggunaan Gadget dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas Atas SDN Brahu Tahun aAaran 2019/2020. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 9(1), 1–98.
Nauli, V. A., Karnadi, K., & Meilani, S. M. (2019). Peran Ibu Pedagang Pasar 24 Jam Terhadap Perkembangan Moral Anak (Penelitian Studi Kasus di Kota Bekasi). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.179
Nurhayati, Sita Awalunisah, A. (2019). Keefektifan Metode Role Play Terhadap Nilai Moral Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal AKRAB JUARA, 4(2), 181–195.
Nurhayati, Amrullah, Fitriana, & Awalunisah, S. (2020). The Storytelling Method Based on Local Wisdom on Moral Values of 5-6 Years Old Children. 387(Icei), 393–397. https://doi.org/10.2991/icei-19.2019.92
Pagestu, R. (2017). Ratna Pangastuti. Fenomena Gadget Dan Perkembangan Sosial Bagi Anak Usia Dini, 2, 165–174. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=722798&val=11236&title= Fenomena Gadget dan Perkembangan Sosial bagi Anak Usia Dini
Permendiknas Nomor: 58 tahun 2009 tentang standar Pendidikan Anak Usia dini.
Radar Sulteng. 2019. Polres Palu Periksa Remaja Pelaku Pelecehan Seksual. Diakses pada Tanggal 9 Maret 2022 [online] https://radarsulteng.id/polres-palu-periksa-remaja-pelaku-pelecehan-seksual/
Rahmawati, D. A. (2014). Early Childhood Education Papers ( Belia ). Belia, 3(1), 8.
Rejeki, H., Bulubaan, A., Nurhayati, & Ardiansyah, A. (2020). Implementasi Permainan Tradisional Sebagai Salah Satu Sarana Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8 (1)(96–106), http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/in.
Risthantri, P., & Sudrajat, A. (2015). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dan Ketaatan Beribadah Dengan Perilaku Sopan Santun Peserta Didik. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 191–202. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7670
Sari, T. P., & Mitsalia, A. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah Di Tkit Al Mukmin. Profesi, 13, 72–78. https://ejournal.stikespku.ac.id/index.php/mpp/article/view/124
Septiningsih, I. I. D. K. (2021). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Pola Perilaku Anak. Veteran Society Journal, 2, 113. http://vsj.upnjatim.ac.id/index.php/vsj/article/download/27/28
Setianingsih, S. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas. Gaster, 16(2), 191. https://doi.org/10.30787/gaster.v16i2.297
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Alfabeta.
Sujiono, Y. N. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks
Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Graha Aksara.
Syahran, R. (2015). Ketergantungan Online Game Dan Penanganannya. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(1), 84. https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i1.1537
Umami, R., Darojat, Z., & Redjeki, E. S. (2016). Sikap Ibu Dalam Lingkungan Keluarga Terhadap kedisiplinan Anak. Jurnal Pendidikan Nonformal, 11, 63–74. http://journal2.um.ac.id/index.php/JPN/article/view/2904/1739
Undang-Undang No. 20 (2003). No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. RI Udang-Undang. Bandung: Citra Umbara
UUD RI RI No. 41. (2003). Presiden republik indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 1985 Tentang Jalan, 1, 1–5. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjWxrKeif7eAhVYfysKHcHWAOwQFjAAegQICRAC&url=https%3A%2F%2Fwww.ojk.go.id%2Fid%2Fkanal%2Fpasar-modal%2Fregulasi%2Fundang-undang%2FDocuments%2FPages%2Fundang-undang-nomo
Yunita, S., Erviana, M., Setianingsih, D., Winahyu, R. P., Suryaningsih, M. D., & Pramono, D. (2021). sesuai Pendidikan Karakter Moral untuk Anak Usia Dini. 1(2), 104–112.
Zubaedi, E. K. (2013). Pola Pembelajaran 9 Pilar Karakter Pada Anak Usia Dini dan Dimensi-Dimensinya. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.2134
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nurhayati Nurhayati, I Putu Suwika, Nurhidaya Ahamd
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


.png)




