The Development of Teaching Materials of Reading Comprehension Using the Big Question Strategy at Indonesian Language and Literature Students
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apriliani. (2019). Penerapan Metode Sq3R Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jpgsd, II(2), 273–283.
Arozatulo. (2019). Pengembanganbahanajar Memprafrasekanpuisi“Aku” Berdasarkan Model Pembelajaran Problembasedlearning (PBL). Jurnal JRPP, 3(2), 310–320.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42.
Fitri, R., & Yulisna, R. (2019). Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal Komposisi, 4(1), 25–32.
Gadu. (2018). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Inggris Profesi Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (Stp) Mataram Program Studi Diploma Tiga Usaha Perjalanan Wisata (Upw). Open Journal Systems, 1(1978), 23–34.
Gaol. (2020). Sosialisasi Disiplin Kerja Dan Sikap Inovatif Dengan Kinerja Guru Sma Negeri 14 Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MAJU UDA MEDAN SUMATERA UTARA, 1(1), 25–30.
Hayati, I. R., & Sujadi, E. (2018). Perbedaan Keterampilan Belajar Antara Siswa Ipa Dan Ips. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(1), 1.
Hazm. (2019). TUGAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Journal of Education and Instruction, 8(5), 55.
Jim Burke. (2010). What’s the BIG IDEA ? Question-Driven Units to Motivate.
Kholiq, A. (2020). Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa di Lamongan. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 175–186.
Khunaifi, A. Y., & Matlani, M. (2019). Analisis Kritis Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(2), 81.
Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1).
Lanani, K. (2013). Belajar Berkomunikasi Dan Komunikasi Untuk Belajar Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 2(1), 13.
Lomu. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 3, 745–751.
Magdalena. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326.
Malichatin, H. (2019). Analisis Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi Melalui Kegiatan Presentasi Di Kelas. Journal Of Biology Education, 2(2), 162.
Noorhapizah, Nur’alim, Agusta, A. R., & Fauzi, Z. A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Keterampilan Membaca Pemahaman Dalam Menemukan Informasi Penting Dengan Kombinasi Model Directed Inquiry Activity (Dia), Think Pair Share (Tps) Dan Scramble Pada Siswa Kelas V Sdn. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP, 5(3), 248–253.
Nugraha. (2013). Pengembangan bahan ajar reaksi redoks bervisi SETS, berorientasi konstruktivistik. Journal of Innovative Science Education, 2(1).
Nuryasana. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974.
Plomp and Nieveen. (2012). An Introduction to Educational Design Research. In Enschede: SLO Netherlands Institute for Curriculum Developmen.
Pratita, I. I. (2017). Pengembangan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman (DOKKAI) Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Satra Jepang Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Asa, 4(2), 1–11.
Ramli, M. (2015). Hakikat pendidikan dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah, 5(1), 61–85.
Richey. (2007). Design and development research: Methods. In New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.
Ririn. (2021). Pengembangan Desain Bahan Ajar Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Strategi The Big Question di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 553–561.
Salamah. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 533–538.
Sigit. (2018). Penerapan Model Multiliterasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 66–71.
Solihin. (2021). Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 3(2), 85–94.
Susanty, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Memahami Teks Bahasa Inggris Melalui Teknik Skimming-Scanning Pada Mahasiswa Stit Ru Semester Ii 2017/2018. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(1), 43–54.
Susilana, R., & Hernawan, A. H. (2015). Pengembangan Model Pendidikan Dan Pelatihan Guru Sekolah Dasar Berbasis Bahan Ajar Modular Melalui Dualmode System. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(1), 67–76.
Syaifullah. (2019). Kajian Teoritis Pengembangan Bahan Ajar Bahasa. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 3(1), 127.
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3877
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Eddy Pahar Harahap
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.