KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU

Jon Helmi

Abstract


A professional teacher should master the four competencies , namely 1. Pedagogic competence is the ability of teachers to manage the learning of students . 2. Professional Competence . Namely the ability of teachers to keep abreast of  the latest science for the development of science is always dynamic . 3. Social competence it will be  be seen whether a teacher can work together with the community and the students and other teachers . 4. Competence Personality . These competencies associated with the personality of the teacher . teachers  should possess noble trait that can be a model for his students.

Keywords


competencies, profresonalism

Full Text:

PDF

References


Mulyasa, 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, (PT. Remaja Rosda Karya: Bandung, ), Cet. Ke-3,.

Arifin. 1995. Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum). (Jakarta: Bumi Aksara).

Asrorun Ni.am Sholeh. 2006. Membangun Profesionalitas Guru. (Jakarta: Elsas).

B. Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. (Jakarta: PT Rineka Cipta).

Buchari Alma. 2012. Guru Profesioanl Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. (Jakarta: Alfabeta)

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Jakarta:Balai Pustaka).

Isjoni. 2009. Pengembangan Profesionalisme Guru. (Pekanbaru: Cendikian Insani).

Kunandar, S.Pd, M.Si. 2007. Guru Profesional (Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru). (Jakarta: Rajawali Press).

Mulyasa, 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, (PT. Remaja Rosda Karya: Bandung, ), Cet. Ke-3,.

Moh. Uzer Usman. 2009. Menjadi Guru Profesional. (Bandung:Remaja Rosdakarya).

Oemar Hamalik, 2006.Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi,(Jakarta: PT. Bumi Aksara, ), Cet. Ke-4,

Oemar Hamalik. 2006. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. (Jakarta: PT. Bumi Aksara).

Pupuh, Fathurrohman. 2007. Strategi Belajar Mengajar (melalui Penanaman Konsep umum dan Islami). (Bandung: Refika Aditama).

S. Nasution. 2010. Didaktik Asas-Asas Mengajar. (Bandung: Bumi Aksara).

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. (Jakarta: Rajawali Press).

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengeruhinya. (Jakarta: Rineka Cipta).

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. (Bandung: Sinar Baru Algensindo).

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. (Jakarta:Rineka cipta).

Udin S. Winataputra. 2007. Teori Belajar dan pembelajaran. (Jakarta: Universitas Terbuka)

.

Undang-Undang Guru dan Dosen UU RI No. 14 Tahun 2005 & Undang-Undang Sisdiknas UU RI No. 20 Tahun 2003. 2006. (Jakarta: Asa Mandiri).

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. (Jakarta: Prenada Media Group).

Zainal, Arifin. 1989. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Cetakan 5. (Bandung: Remaja Rosda Karya).




DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v7i2.43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jon Helmi

Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by: