The Influence of Parenting Styles on Early Childhood Social Skills
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aghniarrahmah, C., Fridani, L., & Supena, A. (2021). Perkembangan Kemandirian dan Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun dalam Pengasuhan Dual Career Family. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 389–400. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1319
Ali, M., Nugraha, H., & Aqobah, Q. J. (2021). Traditional Games and Social Skills of Children in the Pandemic Era. JPSD, 7(1), 105–117.
Aunola, K., & Nurmi, J. E. (2005). The role of parenting styles in children’s problem behavior. Child Development, 76(6), 1144–1159. https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2005.00840.x-i1
Bakhtiar, M. I. (2015). Pengembangan Video Ice Breaking Sebagai Media Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(2), 150. https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i2.1816
Dian, R. W., & Herdina, I. (2017). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Siswa Taman Kanak-kanak. Jurnal Psikologi Ulayat, 4(2), 160–174. https://doi.org/10.24854/jpu22017-101
Dwi, N. A., & Inmas, T. H. (2014). Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional Ular-ularan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 1(2), 137–146.
Fakhriyani, D. V. (2018). Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Madura. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 39–44. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i1.3685
Galang, S. G. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 144–159. http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus/a
Gamayanti, W. (2016). Usaha Bunuh Diri Berdasarkan Teori Ekologi Bronfenbrenner. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2), 204–230. https://doi.org/10.15575/psy.v1i2.478
Hewi, L., Saleh, M., & Wahyuni, R. (2019). Kelekatan (Attachment) Anak Usia Dini di Suku Laut Kabupaten Wakatobi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 418. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.346
Jumiatin, D. (2013). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching &Learning (Ctl) Terhadap Keterampilan Berbicara Dan Sosial Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 1(1), 73–81. http://repository.upi.edu/id/eprint/5507
Kusuma, L., Dimyati, D., & Harun, H. (2021). Perhatian Orang tua dalam Mendukung Keterampilan Sosial Anak selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 373–491. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.959
Machmud, H. (2013). Pengaruh Pola Asuh dalam Membentuk Keterampilan Sosial Anak. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Komunikasi Dan Bimbingan Islam, 6(1), 134–137. https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-munzir/article/view/239
Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK (Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan Tahun Ajaran 2017-2018). YaaBunayya Jurnal Anak Pendidikan Usia Dini, volume 3 n(2), 115–122. https://doi.org/10.24853/yby.3.2.16-122
Miguel, P. M., Pereira, L. O., Silveira, P. P., & Meaney, M. J. (2019). Early environmental influences on the development of children’s brain structure and function. Developmental Medicine and Child Neurology, 61(10), 1127–1133. https://doi.org/10.1111/dmcn.14182
Nurfaizah, N., & Romlah, R. (2020). Keberhasilan Mengembangkan Sosial AUD Melalui Teknik Modeling. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 56–68. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6654
Pangestu, S., Saparahayuningsih, S., & D, D. (2017). Kemandirian Anak Dalam Pembelajaran Pengembangan Sosial Emosional. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(2), 86–90.
Perdani, P. A. (2013). Peningkatan Keterampilan Sosial melalui Metode Bermain Permainan Tradisional pada Anak TK B. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 234–250. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3879
Perdani, P. A. (2014). Peningkatan keterampilan sosial anak melalui permainan tradisional. JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI, 8(1), 129–136.
Rachman, S. P. D., & Cahyani, I. (2019). Perkembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 52–65. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5312
Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502
Santoso, A. B. (2019). PERKEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Proceedings of the National Seminar on Women’s Gait in Sports towards a Healthy Lifestyle.
Shofiah Magfiroh, D. S. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambuysai, Vol 5, No. 1, (2021), h. 1563., Vol 5 No 1(1), hal 1563.
Sit, M. (2012). Peningkatan Kompetensi Sosial Anak Usia Dini dengan Metode Bermain Peran *) (Studi Kasus di Raudhatul Athfal Muhajirin-Medan). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(1), 98–106. https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i1.72
Su’ud, F. M. (2017). PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI Analisis Psikologi Pendidikan Islam. Al-Manar, 6(2), 227–253. https://doi.org/10.36668/jal.v6i2.11
Sumitra, A. (2014). PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS METODE MONTESSORI DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI (Penelitian Deskriptif Di PAUD Assya’idiyah Kab. Bandung Barat). Jurnal EMPOWERMENT, 4(1), 60–70.
Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Praktik Pembelajaran. Kencana.
Suryana, Dadan. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini, Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Kencana.
Suryana, Dadan, & Nilawati, E. (2012). Gangguan Terlambat Bicara ( Speech Delay ) Dan Pengaruhnya Terhadap. In Padang: Perpustakaan Universitas Negeri Padang. (pp. 1–8).
Veny, I. (2017). Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Ana. Efektor, 4(1).
Vujja, N., & Prima, A. (2020). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3145–3151.
Yuli Setiawan, M. H. (2016). Melatih Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.24269/dpp.v4i1.52
Yuliawan, D., & Taryatman, T. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Kajian Teori Ekologi Perkembangan. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i1.8405
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.3737
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nurus Shofa Sitorus, Nurhafizah Nurhafizah
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


.png)




