Media Language Games for Junior High Indonesian Language Learning
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anditasari, R., Martutik, M., & Andajani, K. (2018). Pengembangan media berbasis permainan edukatif pada pembelajaran menulis teks deskripsi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1), 107-114.
Angreany, F., & Saud, S. (2017). Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 9 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2), 138-146.
Arifin, E. Zainal dan Amran S. Tasai. 200. Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Bahri, Syaiful dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Daniar, M. A., Soe'oed, R., & Hefni, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Game dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas XI. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 71-82.
Diharjo, W. (2020). Game Edukasi Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Fisher Yates Shuffle Pada Genre Puzzle Game. INTEGER: Journal of Information Technology, 5(2).
Fitriani, A. S., Haryadi, H., & Pristiwati, R. Media Mobile Learning Bermuatan Kearifan Lokal Dalam Menulis Cerita Pendek Kelas IX SMA. Kode: Jurnal Bahasa, 10(2).
Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104–113. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/1750/574
Hadi, Sutrisno. 1997. Seri Program Statistik (Seri Program SPPS Paket Midi). Yogyakarta: Universitas Gajah Mada
Handayani, P., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 396–401. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.365
Heriwan, D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 673–680. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.416
Hidayat, Kosadi dkk. 1994. Evaluasi Pendidikan dan Penerapannya dalam Pengajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Alfabeta
Hudaa, S., Nuryani, N., & Inderasari, E. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Menggunakan Pop Up (Learning Indonesian at Al-Quran Learning Center Using Pop Up). Indonesian Language Education and Literature, 6(2), 248-261.
Indra, W., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Media Games IPA Edukatif Berbantuan Aplikasi Appsgeyser Berbasis Model PBL untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 59-66.
Kesumadewi, D. A., Agung, A. A. G., & Rati, N. W. (2020). Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Media Cerita Bergambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 303–314. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25524.
Korat, O., & Falk, Y. (2019). Ten years after: Revisiting the question of e-book quality as early language and literacy support. Journal of Early Childhood Literacy, 19(2), 206–223. https://doi.org/10.1177/1468798417712105
Mumpuni, A., & Supriyanto, A. (2020). Pengembangan Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran Kosakata bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 88-101.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/423559/mod_resource/content/2/Bahan bacaan.pdf.
Rahmawati, P. N., Sulaiman, S., & Siswoyo, A. A. (2018). Pengembangan Media Permainan Scrabble Berbasis Macromedia Flash Untuk Materi Menulis Karangan Sederhana Bahasa Indonesia Kelas III SDN Betiting. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 13-28.
Suciati, S., Septiana, I., & Untari, M. F. A. (2015). Penerapan Media Monosa (Monopoli Bahasa) Berbasis Kemandirian dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 175-188.
Sulaiman, T. A., Ahmad Chamsudin, S. T., Eng, M., Irma Yuliana, S. T., & MM, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia (Bandos) Dengan Model Problem Based Introduction (PBI) Berbasis Multimedia Untuk Kelas VII SMP (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Syam, N. (2020). Peranan Media Alphabet Book dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf bagi Anak Usia Dini (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Veriawan, M. (2016). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (Tai) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Watansoppeng (Doctoral dissertation, UIN Alauddin Makassar).
Winarsih, E. (2018). INVENTARISASI PERMAINAN TRADISIONAL JAWA SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 91-99.
Yulianto, D., & Nugraheni, A. S. (2021). Efektivitas pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 33-42.
Zaini, Hisyam, dkk. 2002. Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CTSD Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.2491
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 M Agus
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.