Learning Policy Model for Vocational Higher Education after the Covid-19 Pandemic
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis model kebijakan pembelajaran pada pendidikan tinggi vokasi pasca pandemi Covid-19. Tantangan atas kebijakan pembelajaran ke depan harus mampu mengadaptasi kebiasaan baru dalam proses pembelajaran pendidikan tinggi vokasi yang khas dengan teknologi terapan yang berbasis skill dan kompetensi dengan memprioritaskan kesehatan dan keselamatan, khususnya bagi sivitas akademika. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode analisis konten kebijakan (content policy analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis kebijakan existing pembelajaran pada Program Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya pada masa pandemi dan transisi (penyiapan) pasca pandemi dapat dikategorikan dengan pendekatan model kebijakan inkremental. Model kebijakan pembelajaran di Program Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya dalam bentuk pembelajaran teori, praktik dan magang didapati bahwa dinamika produk kebijakan baik tataran makro, messo dan mikro yang dibuat secara incremental. Hal ini menunjukkan hasil yang acapkali memadai dalam konteks keterbatasan sumberdaya namun akan terjadi perubahan yang cepat pula manakala didadapati situasi dan kondisi yang menutut perubahan. Sebagai konsekuensi bahwa pembelajaran dihadapkan pada kualitas yang yang kurang optimal. Dalam perspektif inkremental, perubahan dalam rangka adaptasi masa pandemi menghadapi ketidaksiapan dalam peralihan pembelajaran digital dan jarak jauh. Penelitian ini merekomendasikan adanya model kebijakan pembelajaran pendidikan tinggi vokasi berdimensi holistik dan demokratis, yang salah satunya dengan menggunakan pendekatan model kebijakan deliberatif (kolaboratif).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andhika, Lesmana Rian. (2019). Pemodelan Kebijakan Publik: Tinjauan dan Analisis Untuk Risalah Kebijakan Pemerintah. Jurnal Riset Pembangunan Volume 2 Nomor 1 Tahun 2019. https://doi.org/10.36087/jrp.v2i1
Antia,Rustom, M. Elizabeth Halloran. (2021). Transition to endemicity: Understanding COVID-19. Immunity Volume 54, Issue 10, 12 October 2021, 2172-2176. https://doi.org/10.1016/j.immuni.2021.09.019
Bappenas. (2021). Studi Pembelajaran Penanganan COVID-19 di Indonesia. Jakarta: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). https://www.bappenas.go.id/
Estrada, M.A. Ruiz, Donghyun Park. (2018). The past, present and future of policy modeling. Journal of Policy Modeling Volume 40, Issue 1, January–February 2018, 1-15. https://doi.org/10.1016/j.jpolmod.2018.01.003
Furtado, B. A., Miguel A. Fuentes, C.J.T. (2019). Policy Modeling and Applications: State-of-the-Art and Perspectives. Complexity, vol. 2019, 11, https://doi.org/10.1155/2019/5041681 .
Kaplan, Andreas M., Haenlein, Michael. (2016). Higher education and the digital revolution: About MOOCs, SPOCs, social media, and the Cookie Monster. Business Horizons. 59 (4): 441–50. doi:10.1016/j.bushor.2016.03.008.
Nugroho, Riant. (2017). Public Policy. Jakarta: Elex Media Computindo.
UNESCO. (2020). Education In a Post-COVID World: Nine Ideas For Public Action. International Commission on the Futures of Education. Paris: UNESCO. http://www.unesco.org/open-access/terms-use-ccbysa-en
Wahab, Sholichin Abdul. (2008). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Malang: UMM Press.
WHO. (2020). COVID 19 Public Health Emergency of International Concern (PHEIC). Global Research Collaboration for Infectious Disease Preparedness World Health Organization. Publikasi 12 Februari 2020. https://www.who.int.
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1220
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Hermawan Romy, M. Daniel Septian, Hayat Hayat
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.