Investigating the Impact of Learning Interest on Student Achievement in Javanese Language Courses at State Senior High Schools
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aryanti, D. A., Yuliana, R., & Pribadi, R. A. (2023). Internalisasi Identitas Banten Melalui Pembelajaran Mulok Bahasa Jawa Banten. Holistika: Jurnal Ilmiah Pgsd, 7(1), 73-81.
Asyraf, N., Perdiansyah, F., & Zamroni, M. (2023). Hubungan Minat Belajar IPA dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas 5 Di SDN Sudimara Timur 4 Kota Tangerang. Journal on Education, 6(1), 8450-8461.
Atika, N. Z., & Junaidi, J. (2019). Hubungan Karakter Siswa Dengan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X dan XI IPS di SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 20-27.
Budiastuti D., Bandur A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media
Cahyani, A. W. P., & Subrata, H. (2022). Analisis Problematika Dalam Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 8(2), 102-110.
Dampur, R. S. D., Samino, S. R. I., & Fikri, K. (2022). Hubungan Minat Belajar Musik Tradisional Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SMA Citra Bakti Ngada Malanuza TA 2020/2021. Jurnal Citra Pendidikan, 2(2), 513-521.
Darwanto, D., & Herdiansyah, K. (2022). Korelasi Sikap Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa: Studi pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Kotabumi. Eksponen, 12(1).
Fatmawati, Y., & Wiranti, D. A. (2023). Analisis Kesulitan Keterampilan Berbicara Unggah-Ungguh Bahasa Jawa Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5), 2053-2063.
Fauziah, N., Jamaludin, U., & Pribadi, R. A. (2023). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV pada Mata Pelajaran Mulok Bahasa Jawa Cilegon di SDN Cikerut. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5662-5671.
Gardner. (1972). Attitudes and Motivation in Second-Language Learning.
Handayani, S. (2023). Integrasi Metode Pembelajaran Sosiodrama dan Media Komik Bergambar dalam Pembelajaran Menulis Teks Sesorah Sesuai Unggah-Ungguh Bahasa Jawa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(01), 41-51.
Ichsani, A. F., & Hizbullah. (2024). Penyebab Rendahnya Minat Peserta Didik Pada Pembelajaran Bahasa Jawa Di Sekolah Dasar. JESE Journal of Elementary School Education, 1(1), 1–12.
Lutfiwati, S. (2020). Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 54–63.
Marlina, L., & Sholehun, S. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Frasa: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1), 66-74.
Muliani, R. D., Arusman. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133-139.
Natasya, D. A., Hidayat, M., & Dani, R. (2021). Minat Belajar Siswa Terhadap Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting pada Pelajaran Fisika Kelas Xi Mipa. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 149-156.
Nisa, N. H. P. K., & Arifin, M. B. U. B. (2021). Pengaruh Kebiasaan Sarapan Pagi Terhadap Konsentrasi dan Hasil Belajar Bahasa Jawa Kelas 5 MINU Durung Bedug Candi Sidoarjo. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 21(2).
Nurapriani, R., Darmawan, D., & Rusman, R. (2024). Eksistensi Muatan Lokal Basa Sunda pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 50-62.
Ramatni, A., Anjely, F., Cahyono, D., Rambe, S., & Shobri, M. (2023). Proses Pembelajaran dan Asesmen yang Efektif. Journal on Education, 5(4), 15729-15743.
Rosalina, L., Junaidi. (2020). Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XII IPS di SMA Negeri 5 Padang (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Sosial).
Rozikin, S., Amir, H., & Rohiat, S. (2018). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA Negeri 1 Tebat Karai Dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang. Alotrop, 2(1).
Rudiyana, Kuswandi, S., Nurzaman, D. R. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Konsep Bangun Ruang dengan Menggunakan Metode Inquiri di SDN Mekarjaya I Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang.
Sahir S.H. (2022). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: KBM Indonesia
Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDN 1 Gamping. TANGGAP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92-109.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta
Supriadi G. (2021). Statistik Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pres
Susanti, S., Aminah, F., Assa’idah, I. M., Aulia, M. W., & Angelika, T. (2024). Dampak Negatif Metode Pengajaran Monoton Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(2), 86–93.
Suyitno, M., Rukhmana, T., Nurmiati, A. S., Romadhon, F., Irawan, I., & Mokodenseho, S. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Dalam Mengatasi Krisis Pembelajaran (Learning Loss) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Journal on Education, 6(1), 3588-3600.
Tanjung, Y. P. (2022). Hubungan Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Di Mis Nurul Hikmah Ujung Padang. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(1).
Wahid, A. H., Muali, C., & Mutmainnah. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Dalam Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), hal 179.
Yuwono, P. H., & Cholis, A. N. (2023). Analisis Rendahnya Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas IV di Sekolah Dasar. Ruang Kata: Journal of Language and Literature Studies, 3(01), 65-72.
Zafirah, H. A., Basori, Maryono, D. (2021). The Influence Of Blended Learning on Students Learning Motivation and Outcomes in Digital Simulation Course.
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i4.5669
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Rintra Julis Primastami, Nur Hanifah Insani
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.