Use of Video Based Learning Media in Learning Fiqh: Meta-Analysis Study
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(April 2020), 62–78.
Al Muhanna, A. (2022). Komparasi Motivasi Belajar Fikih Materi Kurban Ditinjau dari Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Siswa Kelas X IIS di MAN 1 Kota Madiun Tahun Ajaran 2021/2022. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Alimni, Amin, A., & Lestari, M. (2021). The Effectiveness of Animation Video Media on Learning Outcomes of Fiqih Lessons for Madrsah Ibtidaiyah Students in the New Normal Time. JPE: Journal of Primary Education, 1(2), 51–63.
Annisa, A., Fatmawati, F., Hikmawati, H., Rismayanti, R., Aras, M., Sahaka, A., Meldawati, T., & Umajjah, N. T. (2018). Penerapan Media Audio Visual (Vidio Animasi Kartun) Materi Wudhu Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas I dan II SD IT Al-Mawaddah Warrahmah Kolaka. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 1(2), 96–122. https://doi.org/10.5281/zenodo.1419726
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Audia, A., Sugihartini, N., & Putrama, I. M. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Pengenalan Tata Cara Wudhu Dan Sholat Berbasis Animasi 3 Dimensi Terhadap Hasil Belajar Fiqih Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Karangasem. In Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) (Vol. 8, Issue 2, p. 197). https://doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.18285
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–29. https://doi.org/10.24269/dpp.v3i1.157
Febrianto, A., & Saputra, N. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Sparkol Videoscribe. Jurnal Dinamika Informatika, 9(2), 31–41. https://jdi.upy.ac.id/index.php/jdi/article/view/82
Habibi, M. (2023). Developing Animated Videos as Kemuhammadiyahan Learning Media. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 105–113.
Haryanto, S. A. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Ittihadiyah Mamiyai Medan. Jurnal Taushiah, 10(2).
Hidayat, R., Izzah, K., & Ma’arif, I. B. (2021). Development of Vinafi as Fiqh Learning Media for XI Grade of MA Student. MULTIDISCIPLINE - International Conference, 1(1), 193–198.
Kafah, A. K. N., Nulhakim, L., & Pamungkas, A. S. (2020). Development of video learning media based on powtoon application on the concept of the properties of light for elementary school students. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 34–40. https://doi.org/10.30870/gravity.v6i1.6825
Khusnan, A. (2022). Peningkatan Keterampilan Sholat Dalam Proses Pembelajaran Dengan Menggunakan Video Animasi. INDONESIA ISLAMIC EDUCATION JOURNAL, 1(1), 26–37. https://doi.org/https://doi.org/10.37812/iiej.v1i1.617
Lutfi, A. F., & Usamah, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash untuk Mata Pelajaran Fikih dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(02), 219. https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.490
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Murihah, Z. (2022). Whiteboard Animation in Fiqh Learning on Students of Mi Mutiara Bunda’S Students. Interdisciplinary Social Studies, 1(8), 1113–1127. https://doi.org/10.55324/iss.v1i8.195
Nurjanah, S. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Articulate Storyline dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Fiqh di MAN 3 Kediri. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Pratika, D. S. V. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Fiqih di MIN 3 Ponorogo Tahun 2020-2021. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Prijanto, J. H., & Kock, F. De. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251.
Qowim, Z., Hidayat, R., & Shobirin, M. S. (2022). Development of Fiqan as a Media for Fiqh Learning for Class X MA Mambaul Ulum Megaluh Students. APPLICATION: Applied Science in Learning Research, 2(1), 1–4. https://doi.org/10.32764/application.v2i1.2307
Ridwan, A., Mahmudi, A. F., & Nur, I. (2021). The Development of Fiqh Learning Methods Based on Audiovisual Media to Improve Student Learning Outcomes. International Conference on Islam, Law and Society (INCOILS), 1(1), 333–344.
Salsabila, U. H., Sofia, M. N., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221
Sintawati, S., Jailani, M. S., & Arifullah. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Media Video Animasi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fikih. Simpati, 1(1), 116–127. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i1.71
Suhilmiati, E., Faishol, R., & Walailah, A. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Menggunakan Sparkol Videoscribe Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII MTs Al-Kautsar Sumbersari Srono Banyuwangi. INCARE: International Journal of Educational Resources, 2(1), 1–14.
Supriadi, S. (2017). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654
Syamsuar, & Reflianto. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–13.
Syarifuddin, S., & Utari, E. D. (2022). Media Pembelajaran (Dari Masa Konvensional Hingga Masa Digital). Bening Media Publishing.
Triwidayati, Y. (2021). Animasi Kartun Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Fiqih di MI Islamiyah Slumbung Gandusari Blitar. AL-FATIH: Jurnal Studi Islam, 9(1), 29–41.
Vuspa, L. S. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Patra Mandiri Plaju Palembang. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Wahdini, F. I., Rinjani, C., Zakir, S., & Zasri, N. Y. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Video Animasi Dengan Menggunakan Powerpoint Pada Mata Pelajaran Fikih. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 5(1). https://doi.org/10.31869/jkpu.v5i1.3079
Zunita, I., & Asmendri, A. (2023). Desain Pembelajaran Model Assure Berbasis Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran Fiqih di MI. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(1), 17–22. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i1.9562
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.4407
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 sihabudin sihabudin, Almas Sharfina ‘Alaniah, Zakiyatul Nisa'
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


.png)




