Incorporating School Culture in Character Education Evaluation: The Development, Validity and Reliability Testing of the “CHILDREN” Character Assessment
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S. (2013). Validitas dan Reliabilitas. Pustaka Pelajar.
Branch, R. M. (n.d.). Instructional Design:The ADDIE Approach. Springer.
Degeng, I. N. S., Dewi, A. K. T., & Hadi, S. (2019). Implementasi Pendidikan Nilai Karakter di Sekolah Dasar melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4, 247. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.12011
Hasnadi, H. (2019). Penerapan Nilai-Nilai Karakter melalui Budaya Sekolah. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 3, 56–70. https://doi.org/10.47766/idarah.v3i2.562.
Herdiana, Y., Ali, M., Hasanah, A., & Syamsul Arifin, B. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Budaya. Rayah Al-Islam, 5(02), 523–541. https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.483
Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Kementerian Pendidikan Nasional: Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Nisa, K., Nurhasanah, N., Kusuma, A. S. H. M., Deni Sutisna, D. S., & Sari, M. P. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar (SD). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(1), 102–107. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.158
Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality. International Journal of Child and Gender Studies, 4(1). https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480
Wagiran, W. (2013). PENGEMBANGAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL HAMEMAYU HAYUNING BAWANA (Identifikasi Nilai-nilai Karakter Berbasis Budaya). Jurnal Pendidikan Karakter, 3(3). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.1249
Wahyu Purawan Hendar Sudrajad dan Muhammad Nor. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Secara Otentik Pada Pembelajaran Fisika SMP. 1–11.
Cambridge. (2021). Developing the Cambridge Learner Attributes. London: UCLES.
Effendy, M. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Kultur Sekolah: Menumbuhkan Ekosistem Moral Pendidikan. Yogyakarta: PT Kanisius.
Istiyono, E. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analisis Hasil Belajar Fisika dengan Teori Klasik dan Modern. Sleman: UNY Press.
Juniar, D. R. (2021, March 12). Penilaian Karakter di Sekolah Cendekia Harapan. (N. L. Astuti, Interviewer)
Kemdikbud. (2020, Oktober 6). https://www.youtube.com/channel/UCH9AFSwY4WqgHoCLG2XIveg. Retrieved from https://www.youtube.com: https://www.youtube.com/watch?v=3xOFTaBXRno
Lestari, N. &. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter PPK Aspek Kemandirian Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa SD Kelas 4. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 19-29.
Nurmalasari, I. (2013). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Peserta Didik Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Jogonalan Klaten. Sleman: Universitas Negeri Yogyakarta.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2014 tentang Kerja Sama Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan oleh Lembaga Pendidikan Asing dengan Lembaga Pendidikan di Indonesia.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.2523
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ni Luh Sekar Astuti, Edi Istiyono, Widihastuti Widihastuti
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.