The Effect of Limited Face-to-Face Learning in New Normal Era towards Learning Motivation of Elementary School Students
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, R. H. (2020). Efektifitas BION (Bintang Online) Dalam Meningatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19 di Kelas V SDN 1 Ngembel. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 184–198. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14674
Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9
Alfi, C., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Geografi Berbasis Masalah Dengan Blended Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, Vol. 1(4), 597–602. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6203
Arianti. (2018). Peranan Guru dalam Meminimalisir. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.
Aswat, H., Sari, E. R., Aprilia, R., Fadli, A., & Milda. (2021). Implikasi Distance Learning di Masa Pandemi COVID 19 terhadap Kecerdasan Emosional Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120–4126. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1347
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
Bramastia, & Purnama, E. K. (2021). Jurnal EPISTEMA. Jurnal EPISTEMA, 2(1).
Budiman, S. A. (2018). Pengaruh Budaya Sekolah Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 47. https://doi.org/10.32493/jpkn.v5i1.y2018.p47-60
Bwarnirun, Y., & Santoso, B. (2021). Pengaruh Motivasi Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Kelas IV Ssekolah Dasar Inpres 109 Perumnas Kota Sorong. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 13–24. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i1.115
Cahyani, I., & Efgivia, M. G. (2021). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan Motivasi Belajar Peserta Didik terhadap Hasil Belajar Seni Budaya di Kelas IX SMP Negeri 1 Ciampea Kabupaten Bogor. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 91–98. https://doi.org/10.32832/educate.v6i1.4530
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Warta, 56(04), 1–11. http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/4
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Idzhar, A. (2016). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181
Kemdikbud. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Kemendikbud, 2019, 1–58. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/06/buku-saku-panduan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 36962/MPK.A/HK/2020. Mendikbud RI, 1–2. https://www.kemdikbud.go.id/main/index.php/files/download/c5d9f0ec9ff40c6
Kemendikbud. (2021a). Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA.
Kemendikbud. (2021b). Sekolah Tatap Muka Terbatas Mulai Juli 2021. PMPK Kemendikbud. https://pmpk.kemdikbud.go.id/read-news/sekolah-tatap-muka-terbatas-mulai-juli-2021
Kurniawan, M. C. D., & Huda, M. M. (2021). Pengaruh penggunaan quizizz sebagai latihan soal terhadap hasil belajar siswa kelas v sd. JURNAL PENA KARAKTER: Jurnal Pendidikan Anak Dan Karakter, 03(01), 37–41. http://e-journal.hikmahuniversity.ac.id/index.php/jpk/article/view/317
Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942
Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(2), 108–115. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.176
Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 88–97. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/download/1881/1402%0Ahttps://media.neliti.com/media/publications/287678-pengaruh-motivasi-dalam-pembelajaran-dc0dd462.pdf
Nissa, S. F., & Haryanto, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 402. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.840
Nurkharismawanti, S. (2021). DAMPAK PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA KEJENUHAN BELAJAR TERHADAP INSTABILITAS EMOSIONAL. In Universitas Pancasakti Tegal. Universitas Pancasakti Tegal.
Nurlatifah, Ahman, E., Machmud, A., & Sobandi, A. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE DAN TATAP MUKA. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 05(1), 15–18. https://doi.org/https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i1.2893
Özhan, Ş. Ç., & Kocadere, S. A. (2020). The Effects of Flow, Emotional Engagement, and Motivation on Success in a Gamified Online Learning Environment. Journal of Educational Computing Research, 57(8), 2006–2031. https://doi.org/10.1177/0735633118823159
Pattanang, E., Limbong, M., & Tambunan, W. (2021). Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Pada Smk Kristen Tagari. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 112–120. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3275
Prasetyo, A. R., Nurtjahjanti, H., & Ardhiani, L. N. (2021). Impact of Changes in Teaching Methods During the COVID-19 Pandemic: The Effect of Integrative E-Learning on Readiness for Change and Interest in Learning Among Indonesian University Students. International Review of Research in Open and Distance Learning, 22(2), 87–101. https://doi.org/10.19173/irrodl.v22i2.5143
Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286–291.
Rusman. (2016). Pembelajar Tematik Terpadu. RajaGrafindo Persada.
Santi, N. N. (2015). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pola Asuh Orang Tua Dan Persepsi Terhadap Kondisi Lingkungan Sekolah, Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran Januari, 3(1), 45–53.
Sappaile, B. I. (2010). Konsep Penelitian Ex-Post Facto. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–16. https://www.researchgate.net/profile/Baso-Intang-Sappaile/publication/338630818_KONSEP_PENELITIAN_EX-POST_FACTO/links/5e206fcda6fdcc10156f629e/KONSEP-PENELITIAN-EX-POST-FACTO.pdf
Saputra, D. A., & Satyawan, I. M. (2021). Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 2(November 2020), 38–45.
Saumi, N. N., Murtono, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 149–155. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.892
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.
Supriani, Y. (2016). Menumbuhkan Kemandirian Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1, 210–220.
Syauqi, K., Munadi, S., & Triyono, M. B. (2020). Students’ perceptions toward vocational education on online learning during the COVID-19 pandemic. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(4), 881–886. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20766
Taufiq, A. U., Kartina, & Djafar, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Awareness Training Terhadap Motivasi Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 12. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/5184/5894
Uno, H. B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Bumi Aksara.
Yunikasari, D. (2014). PENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS V SDN 2 SUMBERAGUNG JETIS, BANTUL. In e-print uny (Issue September). Universitas Negeri Yogyakarta.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1781
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rossy Arlinda, Wuri Wuryandani, Ali Mustadi
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.